Minggu, 08 Maret 2015

Pengusir Nyamuk Sederhana



Tahukah Anda, nyamuk tertarik dengan CO2 yang kita keluarkan, oleh karenanya kita dapat menggunakan CO2 sebagai umpan untuk perangkap nyamuk. Lalu bagaimana cara membuat zat yang dapat menghasilkan CO2 agar nyamuk mendekat dan terperangkap? Caranya dengan membuat segelas sirup gula sederhana yang dicampur dengan ragi kering aktif. Dengan menambahkan ragi ini, akan terjadi fermentasi sehingga menghasilkan CO2. Tidak rumit membuatnya dan lebih aman karena tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.


membuat jebakan nyamuk di rumah
Berikut Sharing di Sini Membuat Jebakan Nyamuk di Rumah, yang sangat sederhana dan efektif memberantas nyamuk.
1. Membuat sirup gula fermentasi
Bahan :
1 cangkir gula merah (50 gram)
200 ml air panas
1 sdt ragi kering aktif
Langkah membuat larutan gula fermentasi:
Larutkan gula ke dalam air mendidih.
Aduk sehingga gula larut sepenuhnya.
Biarkan larutan gula sampai suhu mendingin (sembari menunggu suhu larutan gula mendingin, Anda dapat merakit botol perangkap nnyamuk seperti instruksi no 2. di bawah). Setelah suhu larutan mendingin, tambahkan 1 sdt ragi kering aktif, namun tidak perlu diaduk /tidak perlu dicampur.
2. Merakit Perangkap Nyamuk
Sembari menunggu larutan gula mendingin, sebaiknya Anda menyiapkan dan merakit alat perangkap nyamuknya, yang akan digunakan sebagai wadah cairan.
Perlengkapan:
Botol Plastik Ukuran 1,5 liter
pisau tajam
kertas hitam /tas kresek hitam
isolasi
Langkah membuat Perangkap Nyamuk:
Potong botol plastik pada 1/3 bagian atas. Isi potongan botol bagian bawah dengan larutan gula yang telah mendingin dan ditaburi ragi. Gunakan Potongan botol bagian atas (yang ujung menyempit) untuk menutup potongan botol satunya dengan posisi dibalik sehingga berbentuk seperti corong, bagian botol yang menyempit masuk ke dalam potongan botol lainnya. Rekatkan kedua bagian dengan isolasi. Jadilah tempat untuk perangkap nyamuk.
Bungkus bagian luar luar botol dengan kertas hitam di seluruh permukaan luar botol kecuali pada bagian atas yang berlubang seperti corong. Nyamuk suka tempat-tempat gelap dan karbon dioksida, sehingga akan masuk melalui lubang corong.
Pasang perangkap di tempat gelap dan lembap selama 2 minggu, dan lihat hasilnya. Nyamuk akan terperangkap dan mati di dalam larutan gula fermentasi. Anda harus mengganti air gula + ragi setiap 2 minggu, agar hasil maksimal dan myamuk dapat diberantas di sekitar rumah Anda.
Catatan :
Gula merah ini mengundang semut untuk datang, jadi jangan lupa diberi tempat seperti tempat tatakan susu kental yang diberi air agar tidak disemuti. Atau cara lainnya dilingkari dengan kapur anti semut.

0 komentar:

Posting Komentar