Minggu, 08 Maret 2015

PLASTIK JADI BBM? KENAPA TIDAK??





Baiklah kali ini saya akan membicarakan tetntang bagaimana sih plastik jadi bahan bakar pengganti bensin?ya pastinya masih jadi tanda tanya besar bukan? semua itu harus melalui proses terlebih dahulu tentuntunya.Salah satu problem utama dalam penanggulangan sampah pada saat ini adalah sampah plastik, mengapa plastik menjadi problem utama ? karena plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa didegradasi bahkan bisa dibilang tidak mungkin karena membutuhkan beberapa generasi agar bisa terdegradasi, sedangkan setiap generasi selalu menghasilkan sampah plastik.

 Alangkah bijaknya kalau ada yang berinovasi mengolah sampah plastik menjadi hasil karya yang bermanfaat.
    selain sampah plastik yang tidak bisa diurai di tananh sehingga kami memanfaatkan limbah plastik menjadi bahan yang bermanfaat,yang bikin kami terinspirasi adalah 1 kilogram limbah plastik bisa disulap menjadi sekitar 1 liter BBM hal ini berarti selain mengurangi sampah plastik, bahkan bisa menghilangkan sampah juga bisa meningkatkan pendapatan bagi orang yang mau mengolahnya. Yang dikahwatirkan adalah pada saat pengolahan akan terjadi pencemaran udara.
Pada saat penulis melakukan uji coba pertama hasilnya gagal dan mengeluarkan bahu yang menyengat. Kegagalan ini diduga karena pipa kondensasi yang digunakan terlalu kecil  sehinggga gas yang dihasilkan tidak bisa mencair, kemudian dikembangkan lagi seperti foto yang ada yang ada tetapi belum di uji coba lagi.
Percobaan pertama penulis meyakini akan berhasil karena pada saat memasukkan batang bambu ke dalam tabung pemanas  uap yang menempel pada batang bambu ketika disundut dengan api bisa menyala, sedangkan pada uji coba itu juga dicoba menampung gas yang keluar ke dalam botol aqua, pada saat di sundut api juga bisa menyala hal inilah yang membuat semangat penulis untuk merubah alat pertama menjadi alat ke generasike dua. Dan penulis berkeyakinan gas yang diduga bisa mencemari udara masih bisa digunakan dalam proses pembakaran sampah plastik itu sendiri dengan media kompor mawar ( modivikasi kompor).
Bagaimana cara mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minya? Ternyata proses pengolahan BBM dari limbah plastik cukup sederhana. Pertama-tama, cacah limbah plastik yang telah dikumpulkan. Limbah ini bisa berupa botol plastik bekas air minum atau bekas kemasan sampo. Setelah dicacah, limbah plastik dimasukkan ke dalam tabung penyulingan yang dipanaskan dalam suhu 250 sampai 400 derajat Celsius. Tetapi penulis lebih berkonsentrasi pada sampah plastik yang sudah tidak dipungut oleh pemulung seperti plastik kresek dan plastik-plastik lain yang bisa menimbulkan masalah baru seperti banjir
Alat pembakaran ini dibuat dari bekas tabung bertekanan tinggi untuk mengalirkan air WTP yang ada di Bapelkes Cikarang yang sudah menjadi sampah karena sudah diganti dengan yang baru yang berfungsi sebagai tabung pemanas atau pembakar. Tabung pemanas dihubungkan dengan pipa penyulingan yang terhubung dengan tabung penadah uap atau hidrokarbon. Uap yang dihasilkan dari pembakaran diambil dan didinginkan sampai cair dan menjadi minyak.
Jika penelitian ini bisa berhasil dengan baik, tentu pengolahan limbah plastik jadi BBM itu bisa mendatangkan keuntungan. Satu kilogram limbah plastik yang harganya sekitar Rp 500, jika diolah, bisa menghasilkan satu liter BBM seharga Rp 8.000. Yang terpenting, hal ini bisa mengurangi sampah plastik yang sulit didaur ulang dan sekaligus sebagai energi alternatif menggantikan bahan bakar dari fosil. Selain itu dapat mengurangi penyediaan lahan tempat pembuangan sampah akhir karena di tempat pembuangan sampah sementara bisa ditempatkan alat pengolah sampah organik dan pengolah sampah plastik yang masing-masing punya kelebihan sendiri. 
cukup sekian pembahasan dari pemanfaatan sampah plastik jadi bbm, kurang lebihnya kami minta maaf
sekian wassala,,,,

0 komentar:

Posting Komentar